Wednesday 28 March 2012

KUTU KAYU

perbedaan antara wood-boring beetle (kumbang kayu / yg istilah mbak adalah kutu kayu) dengan rayap kayu kering (drywood termite):

1. Rayap kayu kering cenderung sudah terlebih dahulu 'mendiami' kayu olahan, yg disebabkan oleh proses pengolahan yang kurang baik. Biasanya menyerang multiplex atau sejenisnya. Rayap kayu kering hidup berkoloni dan akan terus berada didalam. Kumbang kayu dapat berpindah2 dan mampu merusak bagian kayu yg sudah di-finishing, bertelur, lalu merengsek ke dalam kayu hingga menjadi dewasa.

2. Rayap Kayu Kering akan meninggalkan butir2 kayu yg sedikit kasar (pellet) sedangkan Kumbang Kayu akan lebih terlihat seperti bubuk yg sangat halus.

Pencegahan dan Penanggulangannya:
1. Pencegahan selalu lebih baik. Berikan treatment kayu (termitisida) sebelum mengalami proses finishing. Proses finishing pun harus dilakukan secara teliti dan merata.

2. Jika sudah terserang, bisa dilakukan pelaburan (dengan kuas) ataupun spraying dgn termitisida (jenis synthetic-pyretroid banyak bs didptkan di toko bangunan). Jika perlu, lakukan penyuntikan (injection) melalui lubang2 bekas serangan. Ada kemungkinan pengerjaan yang Anda lakukan tidak merata dan masih menyisakan serangga hidup.

3. Fumigasi yaitu dengan eksposure gas fumigan kedalam ruangan kedap udara. Misalnya: piano mbak terserang kumbang, akan di tutupi dengan plastik khusus dan dimasukkan gas yang mampu penetrasi kedalam kayu lewat pori dan lubang pada permukaan kayu.

4. Jauhkan dan buang material2 kayu atau triplex bekas untuk mengecilkan resiko infestasi pada struktur bangunan maupun interior dan furnitur.

5. Jika tingkat kerusakan sudah parah, disarankan untuk mengganti atau merenovasi struktur kayu dengan kayu yang sudah diberikan treatment terlebih dahulu. Oleh karena itu, Terminix sangat menyarankan tindakan pencegahan, karena biaya renovasi pasti akan jauh lebih besar dibandingkan menyewa jasa pengendalian hama profesional.

1 comment:

  1. Sya kerja di sebuah resto yang bangku luar nya dominan terbuat dr kayu dan beberapa dr bangku itu terdapat kutu kayu yang suka menggigit customer yg sedang duduk santai..bagaimana cara menghilangkannya??
    Tolong bantuan nya,thanks

    ReplyDelete