Apa itu teknik menghapal cepat?Teknik menghapal cepat adalah suatu cara untuk memasukkan informasi ke dalam otak (menghapal) dengan melibatkan otak kanan
A. OTAK MANUSIAenurut Roger Sperry otak manusia yang digunakan untuk berpikir dibagi menjadi dua belahan, yaitu otak kiri dan otak kanan.
Berdasarkan sifatnya, otak kiri bersifat short term memory (ingatan jangka pendek) dan otak kanan bersifat long term memory (ingatan jangka panjang)
B. TEKNIK MENGHAPAL CEPAT1. Memory SportPerlu kita ketahui bahwa otak manusia sama halnya dengan otot. Apabila otot tidak diolahragakan, maka otot akan lemah, tetapi sebaliknya bila diolahragakan akan kuat. Begitu juga dengan otak. Otak akan lemah bila tidak diolahragakan, dan akan kuat bila diolahragakan. Maka itu kita perlu mengolahragakan otak kita.
Salah satu cara utk mengolahragakan otak kita adalah melalui memory sport.
Langkah - langkah memory sport;
1. Menyiapkan tempat dengan menggunakan site sistem
2. Menyiapkan kata - kata yang akan diingat
3. Menyimpan kata - kata tersebut pada tempat yg tlh ditetapkan
4. Memanggil kata - kata yg tlh disimpan berdasarkan langkah ke-3
Alokasi wkt utk mengingat adlh 2 menit. Bila anda sudah bisa mengingat 25 kata dalam waktu 2 menit, maka konsentrasi anda telah meningkat. lakukanlah memory sport ini setiap hari, maka anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa
2. Site SistemAdalah suatu teknik menyimpan informasi secara teratur dg cara menempatkan informasi yg akan kita ingat (hafal) pada tempat - tempat yg tlh ditetapkan
cara membuat site sistem;
1. Tempat harus yg sudah dikenal oleh kita
2. Tempat harus dpt dilihat dg jelas
3. Tempat dibagi menjadi beberapa area
4. Tempat harus bisa dibayangkan
3. Relation SistemAdalah suatu teknik utk mengingat informasi dg cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yg lainnya dg aksi. Relation sistem dipakai utk menghapal yg berpasangan seperti vocabulary, nama negara dan ibu kotanya, nama sungai dan provinsinya, dsbg
Contoh penggunaan aksi dalam relation sistem;
Uang masuk kedalam kipas
Roda menabrak ember
Kucing makan rujak
Masuk kedalam, menabrak, dan makan adalah aksinya. Aksi tsbt adalah sbg klu / pemicu utk menarik informasi yg ada didepannya, sehingga informasi yg ada didepannya tidak lupa
4. Story SistemAdalah teknik utk mengingat informasi dg cara menghubungkan informasi yg satu dg informasi yg lainnya menjadi sebuah ceritaContoh;
Burung - baju - awan - coca cola - gunung - kelinci - pistol - buaya - pohon - kawah
Cara menghapal;
Bayangkan!
Burung memakai baju terbang ke awan minum coca cola terbang lagi ke gunung ketemu kelinci yang membawa pistol utk menembak buaya yg tidur dibawah pohon di dekat kawah5. Mnemonic
Adalah teknik menghapal yg bersifat abstrak dg cara mengubah kata abstrak tsbt menjadi benda konkrit yg bisa dibayangkan
Mnemonic dibagi menjadi 2, yaitu;
1. Sistem gambaran adalah suatu teknik menghapal informasi yg abstrak dg cara menggambarkan kata abstrak tsbt menjadi sesuatu yg konkrit. utk menggambarkannya bisa dg kegiatan, sesuatu yg terkenal seperti orang, makanan, dll.
contoh:
Gembira digambarkan dg org yg sedang bergembira
Jogya digambarkan dg Borobudur
Jakarta digambarkan menjadi monas
2. Sistem persamaan bunyi, adalah suatu teknik utk menghapal informasi berdasarkan persamaan bunyinya
Contoh :
Singapura menjadi singa
Irak menjadi rak
Bayangkan bahwa Anda adalah seorang yang sangat sakti, Anda bisa memerintahkan semua benda (yang hidup atau yang tak hidup) untuk mengikuti apa saja kehendak Anda. Misal: bayangkan benda-benda yang ingin Anda ingat dengan mengubahnya menjadi salah satu atau gabungan dari hal-hal berikut :
Contoh:
In the Major system, every digit is associated with a sound:
Not all sounds are associated with digits: Vowels (generally spelled a,e,i,o,u,y) and some sounds like "h" or "w" or "th", frequently do not have a numeric value. (Some people like to assign "th" to the number 1.) "Highway," for example, has no value.
The sounds without numbers are used as 'fillers,' which allow words to be created from any sequence of numbers. Memorising the Major System Codes can be achieved quickly and once they are memorised it is possible to translate any number into a word or sequence of words and vice versa.
It's important to understand that it's a sound, or at least, related sounds, that the digit is associated with. Spelling has nothing to do with it. The word "exit" is 701, because we sound it out "ek-sit:"
To convert from a number to a word, first take the codes for each digit in order from the above table. Then use the filler codes to create a word. As an example the number 52 gives the codes 'l' and 'n'. Using the filler letters the words lane, lean, lion or loin could be formed. It is usually better to try the vowels in order, a,e,i,o and u so that you can quickly find the word, in this case lane is the preferred word. Similarly the number 41 translates to rat and the number 94 into bar.
In principle any number of digits can be transformed into a word or phrase, for example the number 41149 is first converted to the letters R,T,T,R,P which can be written as the words "rat-trap," or perhaps "rotted rope." The number 5821 can be converted to the word "elephant." In practice however it is not always easy to find longer words or phrases quickly in this way and so most people split longer numbers into pairs of digits, convert them to images and then link them using the LinkSystem. This means that only 100 Major System words have to be found for the numbers 00 through 99. This is known as the Major System 100 and a standard set of words has been defined in Tony Buzans book 'Master Your Memory'.
Teknik Nomor Cadel ini dikembangkan dengan cara yang cukup lucu. Ketika Anda mengajarkan anak kecil bagaimana mengenal nomor, pada awalnya mereka akan hanya mengucapkan penggalan kata yang terakhir saja, dan diucapkan dengan cara yang lucu. Misal, ketika Anda mengajarkan urutan nomor kepada anak kecil, si anak kecil akan mencoba untuk melafalkan urutan nomor itu dengan gaya berikut: "(a)tuh!", "(u)wah!", "(i)gah!", "patsz", "mah", "nyam", "(u)cuh", "(a)pany", "(i)y(l)an", "(u)y(l)uh", dengan beberapa variasi gaya tentunya.
Dalam Teknik Nomor Cadel ini, Anda akan dikembalikan lagi menjadi bayi yang baru belajar menghafal nomor. Setiap nomor akan dikonversikan dengan konsonan. Berikut daftar konversinya:
Pelafalan Bayi:
Pelafalan Anda:
Untuk memperkaya perbendaharaan, berikut beberapa aturan yang bisa diterapkan:
1. Semi-konsonan (semi-vokal) W, H dan Y tidak dianggap sebagai konsonan, karena pengucapannya mirip dengan pengucapan vokal. Ingat wang (malay) = uang (indo), iaitu = yaitu, iya = iyah. Anda juga bisa mengingatnya dengan pertanyaan gaya bahasa inggris "Why W-H-Y?" Dan akan terjawab dengan sendirinya. 2. Setiap konsonan yang pengucapannya mirip dikelompokkan bisa menjadi satu. Misal:
Dengan beberapa aturan tambahan di atas, Anda bisa membuat daftar konversi benda yang hampir tak terbatas. Berikut ringkasan konversi nomor ke dalam kata-kata dari aturan-aturan di atas:
Ingat, yang Anda perhatikan adalah pengucapannya, bukan hurufnya.
Dengan modal hafalan di atas, Anda bisa membuat urutan nomor sebanyak Anda suka. Kalimat yang digunakan untuk menggantikan nomor ini biasa disebut dengan mnemonic. Berikut beberapa contoh mnemonic yang bisa Anda hafalkan (tolong ditambahkan lagi):
A. OTAK MANUSIAenurut Roger Sperry otak manusia yang digunakan untuk berpikir dibagi menjadi dua belahan, yaitu otak kiri dan otak kanan.
B. TEKNIK MENGHAPAL CEPAT1. Memory SportPerlu kita ketahui bahwa otak manusia sama halnya dengan otot. Apabila otot tidak diolahragakan, maka otot akan lemah, tetapi sebaliknya bila diolahragakan akan kuat. Begitu juga dengan otak. Otak akan lemah bila tidak diolahragakan, dan akan kuat bila diolahragakan. Maka itu kita perlu mengolahragakan otak kita.
Salah satu cara utk mengolahragakan otak kita adalah melalui memory sport.
Langkah - langkah memory sport;
1. Menyiapkan tempat dengan menggunakan site sistem
2. Menyiapkan kata - kata yang akan diingat
3. Menyimpan kata - kata tersebut pada tempat yg tlh ditetapkan
4. Memanggil kata - kata yg tlh disimpan berdasarkan langkah ke-3
Alokasi wkt utk mengingat adlh 2 menit. Bila anda sudah bisa mengingat 25 kata dalam waktu 2 menit, maka konsentrasi anda telah meningkat. lakukanlah memory sport ini setiap hari, maka anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa
2. Site SistemAdalah suatu teknik menyimpan informasi secara teratur dg cara menempatkan informasi yg akan kita ingat (hafal) pada tempat - tempat yg tlh ditetapkan
cara membuat site sistem;
1. Tempat harus yg sudah dikenal oleh kita
2. Tempat harus dpt dilihat dg jelas
3. Tempat dibagi menjadi beberapa area
4. Tempat harus bisa dibayangkan
3. Relation SistemAdalah suatu teknik utk mengingat informasi dg cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yg lainnya dg aksi. Relation sistem dipakai utk menghapal yg berpasangan seperti vocabulary, nama negara dan ibu kotanya, nama sungai dan provinsinya, dsbg
Contoh penggunaan aksi dalam relation sistem;
Uang masuk kedalam kipas
Roda menabrak ember
Kucing makan rujak
Masuk kedalam, menabrak, dan makan adalah aksinya. Aksi tsbt adalah sbg klu / pemicu utk menarik informasi yg ada didepannya, sehingga informasi yg ada didepannya tidak lupa
4. Story SistemAdalah teknik utk mengingat informasi dg cara menghubungkan informasi yg satu dg informasi yg lainnya menjadi sebuah ceritaContoh;
Burung - baju - awan - coca cola - gunung - kelinci - pistol - buaya - pohon - kawah
Cara menghapal;
Bayangkan!
Burung memakai baju terbang ke awan minum coca cola terbang lagi ke gunung ketemu kelinci yang membawa pistol utk menembak buaya yg tidur dibawah pohon di dekat kawah5. Mnemonic
Adalah teknik menghapal yg bersifat abstrak dg cara mengubah kata abstrak tsbt menjadi benda konkrit yg bisa dibayangkan
Mnemonic dibagi menjadi 2, yaitu;
1. Sistem gambaran adalah suatu teknik menghapal informasi yg abstrak dg cara menggambarkan kata abstrak tsbt menjadi sesuatu yg konkrit. utk menggambarkannya bisa dg kegiatan, sesuatu yg terkenal seperti orang, makanan, dll.
contoh:
Gembira digambarkan dg org yg sedang bergembira
Jogya digambarkan dg Borobudur
Jakarta digambarkan menjadi monas
2. Sistem persamaan bunyi, adalah suatu teknik utk menghapal informasi berdasarkan persamaan bunyinya
Contoh :
Singapura menjadi singa
Irak menjadi rak
Teknik Merangkai: Ingatan Tak Terlupakan
Untuk merangkai ingatan tak terlupakan, cukup dengan mempertajam visualisasi (gambar) dan daya imajinasi (fantasi). Seringkali daya imajinasi kita terbelenggu oleh batasan ketidak-mungkinan yang kita ciptakan di otak kita. Lepaskan belenggu imajinasi Anda, dengan teknik di bawah ini...Bayangkan bahwa Anda adalah seorang yang sangat sakti, Anda bisa memerintahkan semua benda (yang hidup atau yang tak hidup) untuk mengikuti apa saja kehendak Anda. Misal: bayangkan benda-benda yang ingin Anda ingat dengan mengubahnya menjadi salah satu atau gabungan dari hal-hal berikut :
- Super Konyol, Menggelikan, Lucu, Badut
- Super Besar, Raksasa, Monster
- Super Kecil, Cebol, Kerdil
- Super Sakti, Heroik, Ajaib, Menakjubkan, Magis, Mencengangkan
- Super Seksi, Eksotis, Erotis, Menggairahkan
- Super Indah, Romantis, Pujaan, Idola
- Super Horor, Menakutkan, Menegangkan
- Hidupkan, Gerakkan, Guyur dengan air, Siram dengan gas, Bungkus dengan es, dsb...
- Lagukan/Puisikan mantra yang sulit untuk dihafal: Rock, Dangdut, Qasidah, Gambus, Rap, Keroncong, dsb...
Teknik Bentuk Nomor
Dalam teknik bentuk nomor ini, Anda bisa menghafalkan nomor dengan membayangkan bentuknya.Contoh:
Nomor Bentuk Nomor 0 telor, hola hoop, cincin, bola, kelereng, bumi, mars, matahari, goa, lubang apa saja 1 tongkat, pedang, pensil, rokok, tiang, ulat bulu, sapu 2 angsa, gantungan baju, orang (duduk) sholat, zorro, keluarga berencana, peace (salam dua jari) 3 burung terbang, kelelawar, batman, gunung kembar, bra, di dalam bra, (maaf) pantat 4 layar kapal, bendera, salah satu dari fantastic four, (jangan bayangkan kursi, sudah digunakan untuk angka 5) 5 kuda laut, kursi roda, orang hamil, ular kobra, tangan bajak laut 6 tali gantung diri, tongkat golf, belalai gajah, peniti 7 kapak, cangkul, sabit, clurit (jangan bayangkan bendera, sudah digunakan untuk angka 4) 8 boneka salju, batu ditumpuk, orang-orangan di sawah, kaca mata, teropong (binocular), lubang hidung 9 raket, raket nyamuk elektrik, kecebong, (maaf) spermatozoa, ikan paus, balonUntuk menggabungkan dua nomor, cukup bayangkan nomor belakang naik nomor depannya, atau nomor belakang dibungkus nomor depannya. Contoh:
Nomor Bentuk Nomor 10 raja telor (telor bawa tongkat/pedang) 11 sumpit, raja ulat (ulat bulu bawa tongkat/pedang), ulat bulu penyihir (ulat bulu naik sapu terbangnya harry potter) 12 raja donal bebek, raja angsa (bebek bawa pedang / tongkat), bebek merokok, bebek ditusuk pedang bebek tukang sihir (bebek naik sapu terbangnya harry potter) 13 raja kelelawar (kelelawar bawa tongkat/pedang) 14 raja kapal (bajak laut bawa tongkat / pedang) 15 raja kobra (ular bawa tongkat/pedang) 16 raja gajah (gajah bawa tongkat/pedang) 17 raja kapak (malaikat pencabut nyawa berbaju hitam bermuka hitam gelap) 18 raja boneka salju (boneka salju bawa tongkat/pedang) 19 raja kecebong, raja spermatozoa (don juan?) 20 telor naik bebek air (pernah naik bebek air di ancol?) 21 ulat bulu naik bebek air (bebek airnya gatel) 22 orang sholat di atas bebek air (kurang ajar banget tuh bebek) 23 batman naik bebek air (batman nya mbebek i) 24 bebek air merdeka (ada benderanya) 25 kuda laut naik bebek air 26 (belalai) gajah naik bebek air 27 cangkul naik bebek air 28 boneka salju naik bebek air 29 balon naik bebek air 30 telor naik kelelawar 31 ulat bulu naik kelelawar raksasa, ulat bulu e-ek 32 zorro naik kelelawar raksasa, donal bebek naik kelelawar raksasa, bebek e-ek 33 batman naik kelelawar raksasa, batman e-ek 34 bendera naik (nancap di punggung) kelelawar 35 kuda laut naik kelelawar 36 gajah naik kelelawar 37 cangkul naik kelelawar 38 boneka salju naik kelelawar 39 balon naik kelelawar 40 telor naik kapal layar 41 ulat bulu naik kapal layar 42 zorro naik kapal layar 43 batman naik kapal layar 44 fantastic four naik kapal layar (lagi nyamar neeh) 45 kuda laut naik kapal layar 46 gajah naik kapal layar 47 cangkul naik kapal layar 48 boneka salju naik kapal layar 49 balon naik kapal layar 50 telor naik kuda laut 51 ulat bulu naik kuda laut 52 zorro naik kuda laut 53 batman naik kuda laut 54 fantastic four naik kuda laut (lagi tugas di laut) 55 kuda laut naik kuda laut juga 56 gajah naik kuda laut 57 cangkul naik kuda laut 58 boneka salju naik kuda laut 59 balon naik kuda laut 60 telor naik gajah 61 ulat bulu naik gajah 62 zorro naik gajah (kudanya ngambek milih tinggal di rumah) 63 batman naik gajah 64 bendera naik gajah 65 kuda laut naik gajah 66 gajah naik gajah juga 67 cangkul naik gajah 68 boneka salju naik gajah (lama kelamaan gajahnya kedinginan) 69 balon naik gajah 70 telor naik cangkul terbang 71 ulat bulu naik cangkul terbang 72 bebek naik cangkul terbang 73 batman naik cangkul terbang (mobilnya lagi diservis) 74 bendera naik cangkul terbang 75 kuda laut naik cangkul terbang 76 gajah naik cangkul terbang (gajahnya berhasil diet pamer..pamer..huuuu!!!) 77 cangkul naik cangkul terbang juga (ngak mungkin) 78 boneka salju naik cangkul terbang (satu fakultas sama harry porter) 79 balon naik cangkul terbang 80 telor orang-orangan sawah (wiiii....hiiii. ngak deh kayaknya) 81 ulat bulu masuk hidung 82 orang-orangan sawah duduk (nungguin yang datang bawa makanan) 83 pantat orang-orangan sawah (terbuat dari jerami) 84 fantastic four orang-orangan sawah (kalau ngak ada pak tani mereka bertugas membela kebenaran) 85 orang-orangan sawah lagi hamil (pacarnya tidak bertanggungjawab) 86 orang-orangan sawah gantung diri (ditinggal pacarnya) 87 orang-orangan sawah bawa celurit (pacarnya direbut orang) 88 orang-orangan sawah sama orang-orangan sawah (lagi pacaran) 89 orang-orangan sawah bawa raket 90 bawa raket sambil hola hop (ini mau ikut olympiade atau mau main main) 91 ikan paus nyangkut di tiang (ikan pausnya belajar terbang) 92 ikan paus ikut keluarga berencana (2 anak cukup) 93 kecebong di dalam pantat (jangan eek di sungai) 94 kecebong bawa bendera 95 kuda laut bawa raket (olympiade bawah laut) 96 ikan paus gantung diri (karena anaknya diekspor ke jepang) 97 kecebong bawa celurit (wow... atut) 98 orang-orangan sawah jualan balon (ngak bisa dipanen karena kena lumpur LAPINDO) 99 ikan paus bawa raket (olympiade bawah laut) 100 ulat bulu bawa telor sambil hola hop (latihan keseimbangan) 101 ulat bulu main bola sambil rokokan (nyantai banget) 102 ulat bulu bertelor sambil duduk (di sungai) 103 ulat bulu bertelor diantara gunung kembar (beruntung banget tuh ulet bulu gue juga mau) 104 ulat bulu main hola hop sambil bawa bendera (untung bukan manusia) 105 ulat bulu main hola hop pakai kursi roda (gaya banget tuh ulat bulu, sialan) 106 ulat bulu main hola hop sambil gantung diri (?????????) 107 ulat bulu main hola hop sambil bawa celurit (nantang neh) 108 boneka salju punya telor ngisep rokok (ini paling gaya) 109 kecebong dan ulat bulu main kelereng (yang rukun ya !!!) 110 makan telor pake sumpit (susah yeee)
The Major System was devised by Stanislaus Mink von Wennsshein in the seventeenth century. His aim was to produce a system that could be used to convert numbers into letters and words and back again. This system was further refined in the eighteenth century by Dr Richard Grey and it is this system which is now widly accepted and used. The Major System can be used in may ways but its use in SemCubed is to provide a Pegsystem for the numbers 0 to 99. Tony_Buzan? describes how SemCubed can be used in his book Master Your Memory.
In the Major system, every digit is associated with a sound:
number | phonetic | examples | reminder |
0 | s, z, or soft c | sew, zoo | 'z' is the start of zero |
1 | d, t, th | toad | 't' and 'd' have 1 downstroke |
2 | n | no | 'n' has 2 downstrokes |
3 | m | mom | 'm' has 3 downstrokes |
4 | r | row | 4 ends in "r"; picture 4 and R glued back-to-back |
5 | l | law | 5 fingers, with thumb held out, makes an L shape; L is roman numeral for 50; breaking off the rounded part of the 5 leaves an L shape |
6 | j, sh, soft ch, dg, soft g | shoe, chain, jaw, gee, edge | 6 is like a golf club, which makes a 'ch' sound in the grass |
7 | k, hard ch, hard c, hard g, ng, qu | cow, egg | K is like two 7s rotated and combined |
8 | f, v | ivy | 8 looks like a small cursive f |
9 | b, p | bop | 9 is a rotated b and a flipped p |
The sounds without numbers are used as 'fillers,' which allow words to be created from any sequence of numbers. Memorising the Major System Codes can be achieved quickly and once they are memorised it is possible to translate any number into a word or sequence of words and vice versa.
It's important to understand that it's a sound, or at least, related sounds, that the digit is associated with. Spelling has nothing to do with it. The word "exit" is 701, because we sound it out "ek-sit:"
"exit" | 701 |
"ek" | 7 |
"si" | 0 |
"t" | 1 |
In principle any number of digits can be transformed into a word or phrase, for example the number 41149 is first converted to the letters R,T,T,R,P which can be written as the words "rat-trap," or perhaps "rotted rope." The number 5821 can be converted to the word "elephant." In practice however it is not always easy to find longer words or phrases quickly in this way and so most people split longer numbers into pairs of digits, convert them to images and then link them using the LinkSystem. This means that only 100 Major System words have to be found for the numbers 00 through 99. This is known as the Major System 100 and a standard set of words has been defined in Tony Buzans book 'Master Your Memory'.
Teknik Nomor Cadel
Teknik Nomor Cadel adalah teknik menghafalkan nomor yang diciptakan oleh Abd Shomad. Teknik ini dikembangkan dari teknik Major System, yang ditemukan oleh Stanislaus Mink von Wennsshein pada in abad ke-17 (lihat :Major System). Tujuan dari dibuatnya teknik ini adalah untuk membuat sistem yang bisa digunakan untuk mengkonversikan nomor menjadi kata-kata dan sebaliknya mengkonversikan kata-kata menjadi nomor. Teknik Major System ini diperbaiki oleh Dr Richard Grey pada abad ke-18. Dengan teknik ini, Anda bisa mengkonversikan nomor 00 sampai 99, bahkan bisa juga dari 000 sampai 999 ke dalam bentuk kata-kata, sehingga mudah untuk dihafalkan. Teknik ini terbatas terhadap perbendaharaan kata dari bahasa yang digunakan. Semakin kaya perbendaharaan kata suatu bahasa, semakin mudah teknik ini diterapkan. Dengan teknik SEM Cube yang dikembangkan oleh Tony Buzans, Anda akan bisa mengkonversikan 00000 sampai 80,000 ke dalam bentuk kata-kata! Teknik Semcube ini tidak akan dijelaskan dalam buku ini. Silahkan mencarinya di beberapa search engine.Teknik Nomor Cadel ini dikembangkan dengan cara yang cukup lucu. Ketika Anda mengajarkan anak kecil bagaimana mengenal nomor, pada awalnya mereka akan hanya mengucapkan penggalan kata yang terakhir saja, dan diucapkan dengan cara yang lucu. Misal, ketika Anda mengajarkan urutan nomor kepada anak kecil, si anak kecil akan mencoba untuk melafalkan urutan nomor itu dengan gaya berikut: "(a)tuh!", "(u)wah!", "(i)gah!", "patsz", "mah", "nyam", "(u)cuh", "(a)pany", "(i)y(l)an", "(u)y(l)uh", dengan beberapa variasi gaya tentunya.
Dalam Teknik Nomor Cadel ini, Anda akan dikembalikan lagi menjadi bayi yang baru belajar menghafal nomor. Setiap nomor akan dikonversikan dengan konsonan. Berikut daftar konversinya:
Pelafalan Bayi:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 0 Tuh - Wah - Gah - Patts - Mah - Nyam - Cuh - Pany - Yan - Yuh Unyil ucing... Si Unyil sedang bermain ikan-ikanan (jawa: betengan, iwak-iwakan; english: hide-and-seek)
Pelafalan Anda:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 0 Tu - Wa - Ga - Pat - Ma - Nam - Ju - Pan - Lan - Luh Unyil kucing...
Konversi 1: WA-RA, PAN-VAN, LUH-SEP Tu - Ra - Ga - Pat - Ma - Na_ - Ju - Van - Lan - Sep WA menjadi RA, PAN menjadi VAN, LUH menjadi SEP Ingat R diucapkan cadel. Contoh: mawar dibaca mawaw, roti dibaca woti Konversi 2: Ucapkan semua dengan vokal "A", ambil konsonan pertama saja. Ta - Ra - Ga - Pa_ - Ma - Na_ - Ja - Va_ - La_ - Sa_
Konversi 3: Konversi terakhir yang harus selalu diingat T - R - G - P - M - N - J - V - L - S 1 2 3 4 5 6 7 8 9 0Anda mungkin bertanya mengapa WA diganti menjadi RA? Ingat, nama teknik ini adalah Teknik Nomor Cadel. Bayangkan Anda memiliki seorang teman yang cadel dan tidak bisa mengucapkan R dengan benar. Setiap kali mereka mengucapkan R, mereka seperti mengucapkan W. Mudah sekali bukan? Contoh-contoh yang dibewikan (= beri, cadel) di bawah akan sewing (= sering, cadel) menggunakan pengucapan cadel dalam buku ini.
Untuk memperkaya perbendaharaan, berikut beberapa aturan yang bisa diterapkan:
1. Semi-konsonan (semi-vokal) W, H dan Y tidak dianggap sebagai konsonan, karena pengucapannya mirip dengan pengucapan vokal. Ingat wang (malay) = uang (indo), iaitu = yaitu, iya = iyah. Anda juga bisa mengingatnya dengan pertanyaan gaya bahasa inggris "Why W-H-Y?" Dan akan terjawab dengan sendirinya. 2. Setiap konsonan yang pengucapannya mirip dikelompokkan bisa menjadi satu. Misal:
- T dan D pengucapannya hampir sama, jadi T bisa diganti dengan D,
- G, K dan Q pengucapannya hampir sama, jadi G bisa diganti dengan K dan Q,
- P dan B pengucapannya hampir sama, jadi P bisa diganti dengan B,
- N, NY dan NG pengucapannya hampir sama, jadi N bisa diganti dengan NY dan NG,
- J dan C pengucapannya hampir sama, jadi J bisa diganti dengan C,
- V dan F pengucapannya hampir sama, jadi V bisa diganti dengan F,
- S dan Z pengucapannya hampir sama, jadi S bisa diganti dengan Z,
Dengan beberapa aturan tambahan di atas, Anda bisa membuat daftar konversi benda yang hampir tak terbatas. Berikut ringkasan konversi nomor ke dalam kata-kata dari aturan-aturan di atas:
Ingat, yang Anda perhatikan adalah pengucapannya, bukan hurufnya.
Nomor Konversi Contoh Keterangan 1 T, D teh, ade ade = sebutan mesra untuk anak kecil 2 R ara, ari, aru ara = sejenis tumbuhan seperti labu, ari = plasenta bayi 3 G, K, Q oga, ko(ko), e-ek oga = salah satu lakon di serial Si Unyil yang berkepala gundul dan selalu minta cepe ko(ko) adalah sebutan kakak untuk orang Tionghoa e-ek = kotoran bayi yang kita buang ke jamban 4 P, B pa(pa), abah, ibu, semuanya adalah orang tua, lebih baik bayangkan orang super tua beo, bayi beo = sejenis burung yang bisa menirukan ucapan apa saja bayi = anak manusia yang masih sering ngompol dan eek :p 5 M meow, mooa, mie meow = kucing kecil yang masih cadel mooa = sapi kecil mengembek mie = makanan kesukaan kita 6 N, NG, NY Nuh, Nyah Nauh = salah satu nabi dalam Al-Quran dan Injil Nyah = sebutan untuk nyonya rumah, ingat pembantu memanggil nyonyahnya 7 J, C jiwa, jawa, aji, aci, jay, ce, co aji = mantra yang dirapal untuk mengeluarkan ilmu serat jiwa atau pelajar berkacamata yang pintar dalam film ACI (Aku Cinta Indonesia) aci = temannya aji, pelajar wanita yang ditaksir aji jay = teman Anda yang jayus, ngocol, temannya aji juga ce = cewek paling cantik yang Anda taksir co = cowok paling ganteng yang Anda taksir 8 V, F fa, eva, evy fa = merek bedak yang dulu pernah terkenal eva = nama teman Anda evy = teman Anda juga 9 L lee, leo, la(lala) lee = celana jeans super ketat yang melekat erat leo = singa lucu di majalah bobo lala = bidadari yang menyanyi tralala trilili 0 S, Z asu, ozy, soho asu = anjing dalam bahasa jawa ozy = nama artis berkepala botak dalam si manis jembatan ancol soho = rumah kecil yang digunakan sebagai kantor soho = small office home office4. Huruf yang ditulis dua kali secara berturut-turut akan dianggap sebagai satu huruf saja. Misal: tissue harus diucapkan dengan lafal ti-su, horreee diucapkan dengan lafal ho-re.
Dengan modal hafalan di atas, Anda bisa membuat urutan nomor sebanyak Anda suka. Kalimat yang digunakan untuk menggantikan nomor ini biasa disebut dengan mnemonic. Berikut beberapa contoh mnemonic yang bisa Anda hafalkan (tolong ditambahkan lagi):
Nomor Konversi Mnemonic 10 tas, tissue, tes, toss, dasa(muka), desi, dus, dos 11 tata, titi, tut (bunyi kentut), tet (bunyi terompet), tot (bunyi kentut), dada (lambaian perpisahan), dadu, dido (penyanyi), dut (kentut), dot (bayi) 12 tar, tiri, turu (jawa), tere, taro, duaaar (bom!), duri, dera (dicambuk), dorr (tembak!) 13 tag, tig, tug, tek (tektek baso), tek (tek-kotek-kotek, anak ayam turun berkotek), teko, toge, tak, tik, tuk, tek, tok (ketokan palu), dag, dig, dug, deg, dog (jantung berdebar ketemu pacar) 14 tapa (pertapa), topi, dop (lampu dop) 15 tamu, tim (nasi tim), tom (tom & jerry), dam, demo, doom (permainan komputer) 16 tanah, tang, atun, ateng, otong, tong deni (manusia ikan), dini (pernikahan dini, masih subuh), dono (pelawak) 17 taj (taj mahal), taji (kuku ayam) 18 taf (taft, mobil jeep), tivi, dive (menyelam di air), dove (merk kosmetik) 19 tali, (sensor), tuli (celupin tangan di telinga), tol (jalan tol) dali (burung dadali), dil (tarian india), doel (film anak sekolahan) 20 razia, rasa (ciuman pertama), risih (pipis di tempat umum), rusa, resah (mau pipis masih dalam bis), rossa (penyanyi), reseh (berisik banget sih) 21 ratu, ruth (sahanaya), roti 22 rara (mendut), rara (jonggrang), rara (nyi roro kidul), riri 23 raga, rugi (taoge banting piring), reog, rogoh (saku, copet!) rak, riki (martin), ruko (rumah toko, bedakan dengan soho), reiki (teknik pernafasan), roko (asap diisep) 24 rap (negro nyanyi ngerap), rupiah 25 ram (ram komputer), rim (satu rim kertas), rum (minuman memabukkan), rem (sepeda), roma (Julius Caesar, Colosseum) 26 rani, rini, reni, roni 27 raja, ruju (kembali ke istri tercerai), rojo (raja jawa), receh (uang logam), ricoh (mesin photo copy) 28 rafi, rif (penyanyi), ref (nyanyian), ravi (orang india) 29 rel (kereta), roll (gulungan film), roll (rock n roll) 30 gas, gus (gus dur), geisha (artis jepang), goes (mangayuh sepeda), kas, kasa, kis (permen wangi), kos (ibu kos) 31 gat, git, gut, get, got (belajar bahasa asing?), gada (tongkat raksasa) kat (kit-kat), kit (kit-kat) 32 gaharu, giro, geerrr (ketawa renyah), gor (gedung olah raga) 33 gaga (makanan kaleng), gigi, guk (anjing menggonggong) 34 gap (gaptek, gagap teknologi, orang dusun) kap (topi lampu), kipi, kupu (kupu malam), koboi 35 gam (pejuang aceh bersenjata rencong), gym (aa gym, dai yang santun), kameha (mantra dragon ball), kemah, komo 36 gin (arak dari buah beri), gen (DNA dikepang dua), kano (perahu italia?), khan (kubilai khan, kaisar mongol), kina (pil malaria, kapsul - nyamuk), koni 37 gaji, kaji (menelaah teks kuno) 38 giv (sabun kecantikan), kafe, koffi (koffi anan, PBB) 39 kali, kol (sayur kol), gool! 40 pas, piss (pipisss...), puss (kucing kecil?), pos (kotak pos) basi, bis, bus, busa, boss 41 pati, pit (sepeda jawa), pot (tempat bunga) batu, bot (sepatu bot) 42 pir (buah pir), bar (nite club), bir, bor 43 pagu, paku, pak, pax, bak, buk! 44 papa, baba, pub, pipi, baba, babi, babu, bibi 45 pam (air), puma, pom (bensin), bam (samson), bim (slank), bum! (meledak), bem (badan ekskutif mahasiswa), bom 46 panama, pana(h), pin, pon (pekan olahraga nasional), ban (roda), bin (badan intelijen negara), ben (bang ben), bon 47 paja, pojo, baju, biji, bej (bursa efek jakarta), bojo 48 pav (paviliun), beef (daging) 49 palang, palu, pil, pulau, pel (kain), bulu, bella (saphira), bola 50 mas (emas), miss (universe), mouse (komputer), mess 51 mata, mati, mitu (tissue), mete, mede 52 mara, mur 53 mak, mik (microphone), muka, moka (kopi moka) 54 map (peta, 55 mama, mummy, memo 56 mani, mina, mini, men, mona, moni 57 maju, mojo (buah), macho 58 ma'af (nyesel banget), muff(in), 59 mal, malu, milo 60 tol, tal, tiloks
No comments:
Post a Comment